Rabu, 15 Juli 2015

Cara Mengetahui Total Tagihan Tunggakan BPJS Kesehatan

Salah satu kewajiban Menjadi akseptor BPJS Mandiri yakni membayar iuran bulanan yang besarnya sangat ditentukan oleh kelas bpjs yang diambil, umumnya kelas 1 paling besar, diikuti oleh kelas II dan kelas III. Iuran bulanan bpjs harus dibayarkan paling tidak hingga dengan tanggal 10 setiap bulannya, jikalau terlambat saja selama 1 bulan maka kartu bpjs anda akan dinonaktifkan dan anda akan terkena tunggakan.

Walaupun dikala ini denda sudah dihapus, tidak membayar iuran bulanan bukan cara untuk berhenti dari kepesertaan, mungkin ada orang yang masih menganggap dengan menghentikan iuran akan berhenti menjadi akseptor bpjs, itu salah besar, sebab jikalau iuran tidak dibayar maka total tunggakan akan terus membesar dan kartu akan diblokir, apalagi sekarang sistem pembayaran iuran bpjs menggunakan sistem va keluarga, iuran harus dibayarkan dalam 1 kali transaksi untuk seluruh anggota keluarga, jadi jikalau terjadi tunggakan dalam waktu yang lama, maka konsekuensinya anda harus membayar tunggakan secara sekaligus untuk seluruh anggota keluarga dan tidak mampu perorang.

cek total tunggakan bpjs kesehatan secara online


Tidak problem jikalau terlambat hanya 1 bulan atau 2 bulan, barangkali masih dalam jangkauan, namun bagaimana jikalau tunggakan hingga 1 tahun bahkan ada yang hingga 2 tahun tentu total tunggakan akan semakin besar, apalagi 2019 nanti dicanangkan semua warga negara indonesia harus sudah menjadi akseptor bpjs, dan jikalau ada yang belum menjadi akseptor maka akan mempersulit dalam menerima pelayanan publik menyerupai membuat, sim, ktp, izin bangunan dan layanan publik lainnya.

Untuk anda yang masih memiliki tunggakan sebaiknya bayar dan lunasi dari sekarang, sebab jikalau dibiarkan terus tunggakan anda akan semakin membesar dan pada karenanya anda harus membayarnya, daripada menunggu nanti lebih baik bayar dari sekarang. tapi sebelum membayar pastikan jumlah tunggakan yang harus dibayar, cara paling mudah untuk mengetahui total tagihan tunggakan bpjs keseahtan yakni secara online. yang akan saya jelaskan di bawah ini

Cara Mengetahui Total Tagihan Tunggakan BPJS Kesehatan

Sebenarnya untuk mengetahui jumlah tunggakan sudah saya tulis di artikel sebelumnya mengenai cara cek tagihan bpjs, namun untuk lebih memperkaya isu saya tulis ulang di artikel berikut wacana cara mengetahui total tunggakan bpjs secara online.

Langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

1. Buka situs cek pembayaran tagihan bpjs yang disediakan oleh situs resmi bpjs-kesehatan.go.id, akan tampil menyerupai gambar di bawah ini:

cek tagihan dan status pembayaran iuran bpjs
2. Anda akan diminta untuk memasukan data sebagai berikut:

  • No Kartu BPJS, isi dengan nomor kartu bpjs anda.
  • Tanggal Lahir, masukan tanggal lahir sesuai dengan yang tertera di kartu BPJS.
  • Angka Validasi, isikan angka yang nampak pada gambar di atasnya
Jika data sudah diisi maka silahkan tekan tombol Cek, sistem akan melaksanakan proses pengecekan tagihan, silahkan tunggu hingga selesai.

Anda akan melihat isu data akseptor BPJS yang bersangkutan meliputi:
  • Nama Peserta
  • Nomor Peserta
  • Status Kepesertaan
  • Jenis peserta
  • Jumlah anggota keluarga
  • Informasi mengenai tagihan, denda, total tagihan dan juga isu tanggal pembayaran terakhir. menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:
informasi status kepesertaan dan tagihan bpjs


Oh ya.....
Cara di atas selain untuk mengecek total tunggakan, sekaligus mampu juga anda gunakan untuk mengecek, nomor akseptor anggota keluarga yang kartunya hilang, status pembayaran dan juga cek status kepesertaan apakah masih aktif atau belum.

Jika akseptor memiliki tunggakan maka status kepesertaan akan nonaktif, dan jikalau tidak memiliki tunggakan status kepesertaan akan dalam keadaan aktif.

Lantas Bagaimana cara Mengecek Tagihan BPJS Untuk Perusahaan atau Badan Usaha?

Cara di atas khusus untuk mengecek tagihan dan juga status kepesertaan bpjs secara online untuk akseptor BPJS mandiri, individu atau perorangan, dan tidak mampu digunakan untuk mengecek total tagihan iuran bpjs untuk tubuh usaha atau ppu.

Untuk mengecek tagihan iuran yang harus dibayar oleh perusahaan mampu dilakukan melalui ATM bank, sama halnya ketika melaksanakan pembayaran, isu tagihan akan muncul, jikalau perusahaan menunggak.


Itulah mengenai cara mudah cek Cek Tagihan BPJS secara Online untuk Individu atau perorangan, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Cara Mengetahui Total Tagihan Tunggakan BPJS Kesehatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email