Kamis, 16 Juli 2015

Cara Mudah Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan yang hilang

Cara mengetahui no kartu bpjs yang hilang bergotong-royong sangat mudah, tapi mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui caranya. - Kartu bpjs ialah kartu identitas penerima bpjs yang harus selalu dijaga jangan hingga hilang dan harus selalu dibawa dan ditunjukan dikala penerima ingin menggunakan pelayanan dari bpjs kesehatan. di kartu bpjs tertera biodata penerima ibarat nama peserta, nomor kartu penerima dan juga faskes tingkat 1 (fasilitas keseahtan tingkat 1) yang harus dikunjungi pertama kali oleh penerima dikala penerima ingin menggunakan layanan rawat jalan dari bpjs.

Ada kalanya alasannya ialah beberapa hal, kartu bpjs mampu saja hilang atau rusak, kalau rusak bergotong-royong tidaklah persoalan yang penting nomor kartu masih terbaca, namun kalau hilang urusannya lain lagi, anda tidak akan mampu menggunakan layanan bpjs, bahkan mungkin akan kesulitan dikala melaksanakan perubahan data kepesertaan, baik untuk pindah kepesertaan maupun memperbaiki data yang salah.

mengetahui nomor kartu bpjs kesehatan yang hilang

Jika kartu bpjs kesehatan anda hilang maka sebaiknya anda segera mengurus kartu bpjs kesehatan yang hilang semoga diganti dengan kartu bpjs baru, dengan cara datang eksklusif ke kantor bpjs setempat dengan membawa berkas persyaratan surat kehilangan dari kepolisian, memang akan sedikit ribet alasannya ialah anda mau tidak mau harus membuat surat keterangan hilang, kartu anda akan diganti dengan kartu gres oleh pihak bpjs kesehatan.

Untuk beberapa keperluan, mungkin anda hanya ingin mengetahui nomor kartu saja tanpa menggantinya, ibarat yang dialami oleh salah satu penerima bpjs, beliau ingin beralih dari penerima bpjs berdikari menjadi penerima bpjs kesehatan yang ditanggung perusahaan, tapi sayangnya kartu bpjs miliknya hilang, namun pihak perusahaan hanya meminta nomor kartunya saja, lantas bagaimana cara mengetahuinya?

Di artikel kali ini aku ingin memperlihatkan cara mudah untuk mengetahui nomor kartu (NOKA) bpjs kesehatan kalau kartu hilang.

Cara Mudah Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan yang hilang

Untuk mengetahui no kartu bpjs kesehatan yang hilang bergotong-royong sangatlah mudah, syaratnya ialah anggota keluarga anda (sesuai KK) ada yang sudah terdaftar juga menjadi penerima bpjs kesehatan dan kartunya masih ada.

Langkah-langkah untuk mengetahui nomor kartu bpjs anda yang hilang ialah sebagai berikut:

a. Gunakan kartu bpjs salah satu keluarga anda yang masih ada.

1. Buka situs cek pembayaran tagihan bpjs yang disediakan oleh situs resmi bpjs-kesehatan.go.id, tampilannya kurang lebih akan terlihat ibarat gambar di bawah ini:

cek tagihan dan status pembayaran iuran bpjs
2. Anda akan diminta untuk memasukan data sebagai berikut:

  • No Kartu BPJS, isi dengan nomor kartu bpjs salah satu anggota keluarga anda yang kartunya masih ada.
  • Tanggal Lahir, masukan tanggal lahir sesuai dengan yang tertera di kartu BPJS.
  • Angka Validasi, isikan angka yang nampak pada gambar di atasnya
Jika data sudah diisi maka silahkan tekan tombol Cek, sistem akan melaksanakan proses pengecekan untuk data yang anda masukan, silahkan tunggu hingga selesai.

Jika benar maka anda akan melihat tampilan berita data penerima BPJS yang anda masukan, yang melipiti
  • Nama Peserta
  • Nomor Peserta
  • Status Kepesertaan
  • Jenis peserta
  • Jumlah anggota keluarga
  • Informasi mengenai tagihan, denda, total tagihan dan juga berita tanggal pembayaran terakhir. ibarat terlihat pada gambar di bawah ini:
informasi status kepesertaan dan tagihan bpjs

Cara di atas bergotong-royong cara untuk mengecek tagihan iuran bulanan bpjs, namun mampu anda gunakan untuk mengetahui nomor kartu bpjs anda yang hilang, dengan cara di atas, maka setiap anggota keluarga anda sesuai KK yang sudah terdaftar sebagai penerima bpjs akan muncul, dengan data, nama peserta, no. peserta, tunggakan dan lain-lain..

Data anda juga akan muncul dan anda mampu melihat nomor penerima kartu bpjs anda yang hilang di kolom No Peserta, silahkan lihat dan catat kalau diperlukan. Bagaimana mudah bukan.


Demikian wacana cara mudah mengetahui nomor kartu bpjs kesehatan yang hilang, semoga artikel di atas membantu. Salam.

Artikel Terkait

Cara Mudah Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan yang hilang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email