Minggu, 05 Juli 2015

Cara mengambil kartu BPJS Kesehatan berdikari setelah mendaftar

Cara mengambil kartu BPJS Kesehatan mandiri  atau kartu indonesia sehata (KIS) setelah mendaftar - Seperti yang tercantum dalam UU No 24 tahun 2012 ihwal BPJS, menyatakan bahwa seluruh Warga negara Indonesia wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya ke BPJS Kesehatan, ada 3 jenis kepesertaan bpjs, peserta bpjs akseptor derma iuran (PBI), peserta bpjs pekerja akseptor upah (PBPU) dan peserta bpjs mandiri.

Untuk menjadi peserta bpjs mandri peserta dapat melaksanakan pendafaran secara online lewat situs resmi bpjs atau pendaftaran secara pribadi dengan datang sendiri ke kantor bpjs, namun pendaftaran secara online hanya mampu dilakukan khusus untuk peserta bpjs yang semua anggota keluarganya yang tercatat di KK satu pun belu ada yang sudah menjadi peserta BPJS.

cara mengambil kartu bpjs kis


Pendaftaran bpjs bersama-sama gratis, anda akan dikenakan biaya untuk iuran pertama bpjs saja, besarnya iuran akan sangat dipengaruhi oleh kelas bpjs yang anda pilih, setelah iruan di bayarkan anda akan menerima kartu bpjs sebagai kartu identitas peserta untuk anda gunakan setiap kali ingin menerima pelayanan kesehatan gratis yang dijamin bpjs..

Sebenarnya daftar bpjs berdikari itu mudah, persyaratannya pun juga cukup mudah menyerupai apa yang pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya mengenai cara daftar bpjs mandiri, walupun mudah, ternyata masih cukup banyak peserta yang belum mengetahui prosedur pendaftarannya. salah satunya yaitu cara megambil kartu bpjs setelah mendaftar, bagaiamana cara peserta memperoleh kartu tersebut.

Cara mengambil kartu BPJS Kesehatan berdikari setelah mendaftar

Untuk anda peserta bpjs yang gres mendaftar bpjs berdikari dan masih galau cara memiliki kartu bpjs, maka artikel ini mampu menawarkan info kepada anda.

Tahapan dari mulai anda melaksanakan pendaftaran bpjs hingga anda menerima kartu bpjs yaitu sebagai berikut:

1. Untuk menjadi peserta bpjs anda harus melaksanakan pendaftaran bpjs baik secara online maupun datang pribadi ke kantor bpjs.

2. Setelah pendaftaran selesai, anda akan menerima nomor virtual account (VA). VA harus anda simpan dan jangan hingga rusak. Nomor ini digunakan sebagai nomor tumpuan untuk melaksanakan pembayaran iuran pertama bpjs, dikala anda melaksanakan iuran pertama bpjs anda akan diminta untuk mencantumkan nomor virtual account tersebut.

Baca: Solusi bila nomor virtual account (VA) hilang atau rusak

3. Biasanya pembayaran iuran pertama bpjs gres mampu dibayarkan setelah 14 hari semenjak anda menerima nomor virtual account (VA). selanjutnya silahkan bayar iuran pertama di bank yang sudah berafiliasi dengan bpjs maupun di PPOP menyerupai kantor pos, alfamart atau indomart.

4. Setelah iuran pertama dibayar, jangan lupa untuk menyimpan bukti transaksi pembayaran, bukti transaksi pembayaran digunakan untuk mengambil kartu bpjs di kantor BPJS.

5. Setelah iuran pertama anda bayarkan, maka selanjutnya anda mampu datang ke kantor bpjs untuk mengambil Kartu BPJS dengan membawa persyaratan :
  • Kartu keluarga (KK) dan  
  • Bukti pembayaran iuran pertama.

6. Anda dan juga anggota keluarga anda yang anda daftarkan akan dibuatkan kartu bpjs (kartu indonesia sehat) masaing-masing 1.

Setelah anda menerima kartu, kartu tersebut mampu anda gunakan untuk menerima pelayanan kesehatan dari akomodasi kesehatan tingkat pertama (faskes tk 1 bpjs) sesuai dengan faskes yang anda pilih, akomodasi kesehatan (faskes tingkat 1) yang harus anda datangi untuk berobat jalan yaitu akomodasi kesehatan sesuai dengan yang tertera di kartu bpjs anda.

Itulah tahapan dari mulai daftar bpjs hingga anda menerima kartu bpjs, memang prosesnya tidak terlalu sulit bila anda sebelumnya sudah menyiapkan segala persyaratan dan ketentuannya. biar info di atas bermanfaat untuk anda.


Artikel Terkait

Cara mengambil kartu BPJS Kesehatan berdikari setelah mendaftar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email