Sabtu, 04 Juli 2015

Cara terbaru mengaktifkan kembali kartu bpjs yang nonaktif atau diblokir

Salah satu kewajiban perserta bpjs terutama peserta bpjs berdikari dan bpjs yang ditanggung oleh perausahaan ialah membayar iuran bulanan yang besarnya diadaptasi dengan kelas bpjs yang diambil, jikalau tidak maka kepesertaan bpjs akan dinoaktifkan alias diblokir, sehingga kartu bpjs anda tidak mampu digunakan untuk menerima pelayanan kesehatan.

Dulu sebelum diberlakukannya pertaturan terbaru wacana dihapusnya denda keterlambatan pembayaran bpjs kesehatan, pemblokiran terhadap kepesertaan bpjs biasanya akan dilakukan jikalau peserta telat bayar iuran minimal selama tiga bulan.

cara mengaktifkan kembali kartu bpjs karena tidak aktif


Namun setelah dikeluarkannya peraturan terbaru mengenai dihapusnya denda, yang mulai berlaku semenjak 1 juli 2016, kini penonaktifkan kepesertaan bpjs akan dilakukan ketika peserta terlambat minimal 1 bulan, namun peserta terbebas denda keterlambatan iuran karena memang di peraturan terbau denda sudah dihapuskan.

Penyebab utama kenapa kartu bpjs dinonaktifkan ?

Ada banyak penyebab kenapa kartu peserta bpjs dinonaktifkan atau diblokir, sesuai dengan peraturan terbaru, beberapa penyebab bpjs diblokir diantaranya ialah sebagai berikut:

1.  Peserta menunggak / tidak bayar iuran bulanan
Peserta sengaja, maupun tidak disengaja terlambat atau tidak membayar iuran selama lebih dari satu bulan, maka untuk dikala ini kartu bpjs akan eksklusif mati karena dinonaktifkan, artinya peserta telat bayar bpjs 1 bulan akan eksklusif dinonaktifkan dan setelah diaktifkan kembali peserta tidak boleh menjalani rawat inap sebelum 45 hari semenjak pengaktifan, jikalau tidak maka akan terkena denda rawat inap.

2.  Peserta yang menjadi tanggungan bpjs perusahaan sudah berusia 21 tahun
Peserta yang menjadi tanggunan bpjs perusahaan telah berusia lebih dari 21 tahun, namun belum juga melaksanakan perubahan data untuk beralih ke bpjs mandiri, atau jikalau masih kuliah peserta belum membuat laporan bahwa peserta yang bersangkutan sudah kuliah.

Makara untuk anda yang menjadi tanggunan peserta bpjs perusahaan (PPU) sudah berusaia 21 tahun, harus segera beralih menjadi peserta bpjs mandiri, atau jikalau masih kuliah harus segera melaksanakan perpanjangan kepesertaan dengan membawa persayaratan surat pernyataaan masih kuliah dari kampus yang bersangkutan.

3. BPJS Nonaktif karena premi
Bpjs yang nonaktif karena premi biasanya ini untuk peserta bpjs yang ditanggung oleh perusahaan (peserta bpjs peserta upah (PPU), penonaktifkan disebabkan karena perusahaan terlambat membayar iuran kolektif bulanan untuk karyawan yang terdaftar sebagai peserta ppu.

4. Karena kesalahan sistem
Ada juga banyak kasus kepesertaan bpjs dinonaktifkan karena kesalahan sistem


Tentunya jikalau kartu atau kepesertaan dinonaktifkan anda tidak akan mampu menggunakan kartu bpjs anda untuk menerima pelayanan kesehatan dari faskes yang dipilih, oleh karena itu supaya kartu tersebut mampu digunakan kembali maka harus segera diaktifkan kembali.

Cara terbaru mengaktifkan kembali kartu bpjs yang non aktif atau diblokir

Kartu bpjs yang diblokir untungnya masih mampu dipulihkan alias diaktifkan kembali, cara mengaktifkan bpjs yang diblokir beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:


1. Untuk peserta Mandiri yang menunggak iuran
Untuk peserta BPJS berdikari yang kartunya mati atau sudah tidak aktif karena terlambat membayar iuran atau sengaja tidak membayar iuran alias menunggak dalam waktu yang lama, dari mulai 1 bulan, 1 tahun, 2 tahun atau lebih, maka untuk mengaktifkan kartu bpjs yang diblokir caranya ialah harus melunasi seluruh tunggakan.

Pembayaran mampu dilakukan dimana saja, mampu melalui ATM, supermarket, kantor pos dan daerah pelayanan pembeyaran bpjs lainnya, ketika proses pembayaran maka akan muncul berapa total tagihan yang harus dilunasi.

Biasanya setelah dilunasi kartu secara otomatis akan eksklusif aktif, atau setidaknya anda harus menungu selama 2 x 24 jam, jikalau setelah pelunasan kartu masih nonaktif dalam jangka waktu yang lama, anda terpaksa harus komplain dengan datang eksklusif ke kantor bpjs.

2. Untuk peserta Tanggungan BPJS Perusahaan yang dinonaktifkan karena usaianya sudah 21 tahun.
Pada umumnya peserta bpjs yang menjadi tanggungan peserta bpjs perusahaan (PPU) jikalau usaianya sudah 21 tahun akan eksklusif dinonaktifkan.

Solusinya peserta harus melaksanakan perubahan kepesertaan menjadi peserta mandiri, atau jikalau peserta masih kuliah peserta tetap harus melaporkan ke kantor bpjs dengan membawa surat pernyataan kuliah dari kampus setempat, tapi peserta hanya mampu diperpanjang hingga usianya 25 tahun.

3. Untuk yang nonaktif karena premi
Jika kepesertaan bpjs anda diblokir karena premi, maka perusahaan yang bertanggung jawab terhadap kepesertaan bpjs anda wajib melunasi seluruh tunggakan karyawannya yang menjadi peserta bpjs kesehatan, Lalu melaksanakan pelaporan ke episode kepesertaan BPJS, mampu via phone atau dengan datang eksklusif ke kantor bpjs.

4. Jika kartu tiba-tiba nonaktif
Jika kartu bpjs anda tiba-tiba diketahui diblokir dan nonaktif, namun anda sendiri tidak tau penyebabnya, padahal iuran selalu sempurna waktu, kemungkinan penyebabnya ialah kesalahan sistem, jikalau ini terjadi maka untuk mengaktifkannya anda harus datang ke kantor bpjs untuk melaksanakan perbaikan kepesertaan.


Untuk menghindari penonaktifan kepesertaan (blokir kepesertaan) maka setidaknya anda harus tetap membayar iuran bulanan bpjs sempurna waktu jangan hingga terlambat selama satu bulan, jikalau tidak maka anda tidak akan pernah mampu menerima pelayanan kesehatan yang dijamin oleh bpjs alias gratis.

Artikel Terkait

Cara terbaru mengaktifkan kembali kartu bpjs yang nonaktif atau diblokir
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email