Selasa, 18 Agustus 2015

Tempat Pembayaran Iuran Bulanan BPJS Kesehatan

Tempat Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan - Semua penerima BPJS baik itu Peserta Bantuan Iuran (PBI), penerima Mandiri atau Individu mapun penerima BPJS Perusahaan (PPU), semuanya wajib membayar iuran, penerima BPJS PBI iuran dibayar oleh pemerintah dengan nominal tertentu, Peserta BPJS PPU iuran dibayar oleh perusahaan secara kolektif sebesar  4%dari perusahaan 1% dari pekerja untuk 5 tanggungan sekaligus, sedangkan berdikari iuran dibayarkan oleh sendiri untuk tiap orang.

Khusus untuk penerima BPJS Mandiri pembayaran iuran pertama harus dilakukan setelah 14 hari semenjak menerima nomor virtual account, pembayaran iuran bpjs mampu dilakukan di Bank, ATM Bank atau di Payment Point Online Bank (PPOB) yang sudah berhubungan dengan BPJS Kesehatan dan sudah tersedia di beberapa tempat.

tempat pembayaran iuran bpjs kesehatan

Sebenarnya untuk penerima BPJS Kesehatan kelas I dan kelas II yang memiliki rekening bank pembayaran mampu dilakukan melalui ATM Bank yang sudah berhubungan dengan BPJS yaitu Bank BNI, BTN, BRI dan Mandiri, sedangkan untuk penerima BPJS kelas III yang tidak memiliki rekening bank mampu menggunakan layanan PPOB yang sudah berhubungan dengan BPJS.

Tempat Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Saat ini BPJS memang menyediakan banyak sekali alternative untuk tempat pembayaran iuran BPJS Kesehatan, tujuannya ialah biar penerima tidak hingga telat bayar atau menunggak.
Berikut ialah Beberapa tempat pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang mampu anda gunakan untuk membayar iuran Bulanan BPJS anda.

1. ATM Bank

Tempat pembayaran iuran BPJS yang pertama ialah ATM Bank yang sudah berhubungan dengan BPJS, hingga ketika ini bank yang sudah berhubungan dengan BPJS ialah Bank BNI, BRI, BNI, BTN dan Mandiri. Anda mampu melaksanakan pembayaran iuran bpjs di ATM menggunakan menu khusus yang sudah disediakan jadi sistemnya bukan transfer antar rekening.

Pembayaran Via ATM Lebih diprioritaskan untuk penerima BPJS kelas I dan Kelas II dimana slah satu pendaftarannya harus memiliki rekening bank.

2. Di teller Bank

BPJS Juga kini menyediakan pembayaran pribadi melalui teller bank yang sudah berhubungan dengan BPJS (BNI, BRI dan Mandiri),  Jika anda kesulitan untuk membayar iuran pertama anda mampu membayar lewat bank langsung

3. Di Minimarket (Alfamart dan Indomart)

BPJS juga kini sudah menyediakan kemudahan pembayaran di minimarket menyerupai alfamart dan indomart, cara pembayaran ini lebih dikhususkan untuk anda yang mengambil kelas III BPJS, alasannya ialah kelas III biasanya tidak berkewajiban memiliki rekening bank.

Untuk melaksanakan pembayaran di alfamart syaratnya ialah Nomor virtual account salah satu penerima atau mampu juga menggunakan salah satu nomor kartu BPJS, nanti petugas minimarket akan melaksanakan pengecekan tagihan dan proses pembayaran untuk anda.  Pembayaran di minimarket biasanya akan dikenakan biaya suplemen dari mulai 1.000 hingga dengan 3.000 peroranga.

4. Di Kantor Pos

BPJS Juga kini menyediakan kemudahan pembayaran di Kantor Post, tapi pembayaran di kantor pos masih dalam proses ujicoba dan sayangnya gres berjalan di beberapa kantor pos di beberapa daerah, dan kemungkinan besar pembayaran BPJS di kantor pos dalam waktu erat akan diberlakukan untuk seluruh daerah.


5. Melalui Autodebet bank

Untuk Lebih memudahkan melaksanakan pembayaran, khusus bagi penerima yang memliki rekening di bank BNI, BRI, dan Mandiri, mampu menggunakan system Autodebet untuk pembayaran BPJS, pebayaran iuran Bulanan BPJS akan dibayarkan secara otomatis dengan memotong pribadi saldo rekening anda, dengan cara ini anda tidak usah khawatir akan terlambat membayar atau tidak perlu khawatir lupa membayar.

6.Melalui SMS Banking

BPJS JUga menyediakan pembayaran secara online melalui SMS Banking. Jika anda yang sudah mengaktifkan SMS Banking pembayaran lebih mudah, mampu dilakukan dimanasaja melalui perangkat mobile anda.

Itulah Beberapa tempat untuk membayar iuran BPJS, tujuan banyaknya kemudahan pembayaran yang disediakan oleh BPJS kesehatan tidak lain biar setiap penerima lebih mudah melaksanakan pembayaran iuran BPJS sehinga mampu menghindar dari telat bayar dan juga tunggakan.


Ingat pembayaran iuran BPJS paling lambat harus dibayarkan hingga tanggal 10 bulan yang bersangkutan. Meskipun untuk ketika ini denda keterlambatan sudah dihapuskan, lebih baik membayar iuran sempurna waktu daripada harus menunggak, alasannya ialah semakin banyak jumlah menunggak tagihampun akan semakin membengkak, pada akibatnya justru akan menjadi beban penerima sendiri.



Artikel Terkait

Tempat Pembayaran Iuran Bulanan BPJS Kesehatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email