Kamis, 30 Juli 2015

#4 Cara Membayar Iuran BPJS Jika tidak Memiliki ATM atau rekening bank

Ada berbagai akomodasi pembayaran premi atau iuran bulanan BPJS yang sudah disediakan oleh pihak bpjs, beberapa diantaranya yaitu melalui ATM-ATM bank yang sudah bekerja sama dengan BPJS (BNI, BRI, BTN dan Mandiri), melalui PPOB yang sudah tersedia di Minimarket ibarat alfamart dan Indomart, Melalui Kantor Pos yang sudah berjalan di beberapa kota, melalui teler bank yang sudah berafiliasi dengan BPJS dan juga mampu melalui autodebet rekening di bank yang sudah berafiliasi dengan BPJS.

Tersedianya akomodasi pembayaran tersebut yaitu untuk meminimalisir keterlambatan pembayaran iuran yang dilakukan oleh penerima sekaligus memberi kemudahan kepada setiap penerima untuk melaksanakan pembayaran iuran dengan memilih alternatif yang paling mudah dan cepat.

Cara Membayar iuran BPJS diminimarket alfamart dan indomart


Kita ketahui bersama bahwa Peserta BPJS tidak semuanya memiliki ATM bank atau tidak semuanya memiliki rekening bank, contohnya untuk penerima BPJS kelas 3, mereka tidak diwajibkan memiliki atm atau rekening bank bahkan dipersyaratanpun kepemilikan rekening bank tidak wajib untuk penerima BPJS yang mengambil kelas 3, kecuali untuk penerima BPJS yang mengambil kelas 1 dan kelas 2 kepemilikan rekening bank wajib hukumnya.

Baca: Peserta BPJS kelas 3 tidak perlu memiliki rekening bank

Oleh alasannya itu untuk penerima yang tidak memiliki rekening bank atau ATM, mereka tetap mampu lebih mudah melaksanakan pembayaran dengan memanfaatkan alternatif pembayaran yang sudah disediakan oleh pihak BPJS dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan.

Cara Membayar BPJS Untuk Peserta Yang tidak Memiliki ATM atau rekening bank

Khusus untuk penerima BPJS yang tidak memiliki ATM atau rekening bank, maka alternatif daerah pembayaran iuran premi bpjs yang mampu dipilih diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Melalui Indomart

Peserta BPJS baik kelas 1 kelas 2 dan terutama untuk kelas 3 yang tidak memiliki rekening bank dan atm, mereka mampu melaksanakan pembayaran BPJS di indomart, syaratnya cukup sederhana, tinggal menyiapkan uang senilai tunggakan yang harus dibayar dan membawa Nomor Virtual Account (VA) keluarga atau menyerahkan kartu BPJS, jikalau VA hilang maka anda mampu menggunakan Nomor Kartu BPJS anda.

Pembayaran iuran Bulanan di BPJS biasanya akan dikenakan biaya manajemen dari rp 1.000 hingga 3.000 perorang, namun jikalau beruntung anda juga mampu menerima satu botol minuman gratis dari indomart.


2. Alfamart

Anda juga mampu melaksanakan pembayaran BPJS di alfamart terdekat di kota anda, bilang saja pada kasirnya ingin membayar iuran bpjs. persyaratannya sederhana cukup membawa kartu BPJS serta uang untuk membayar. sama halnya di indomart, nanti petugas alfamart akan menginformasikan jumlah tunggakan yang harus anda bayar.

Anda biasanya akan dikenakan biaya manajemen perorang antara seribu rupiah hingga 3 ribu rupiah, tapi anda tidak usah repot-repot antri alasannya biasanya pembayaran iuran malalui minimarket lebih mudah dan petugas minimarket tersebut yang akan melaksanakan pembayaran untuk anda.


Oh ya jangan lupa setelah transaksi pembayaran selesai, anda minta bukti pembayaran kemudian simpan baik-baik sebagai bukti barangkali dikemudian hari dibutuhkan.

3. Melalui Kantor Pos

Untuk penerima BPJS yang tidak memiliki ATM atau rekening bank Anda juga mampu memilih kantor pos untuk melaksanakan pembayaran iuran bpjs, namun pembayaran iuran di kantor belum semuanya tersedia, gres tersedia di beberapa kota saja, tapi seiring waktu semua kantor pos akan mampu digunakan untuk melaksanakan pembayaran bpjs, jikalau dikota anda fasiltias pembayaran iuran bpjs sudah tersedia di kantorpos terdekat dengan daerah tinggal anda, anda mampu memilih kantor pos untuk melaksanakan pembayaran.

Persyaratanya cukup sederhana, tinggal membawa nomor virtual account (VA) atau cukup membawa Kartu BPJS dan juga jumlah uang sesuai degan besarnya tunggakan, pihak kantor pos akan melaksanakan pembayaran untuk anda.


4, Melalui Teler Bank

Pembayaran bpjs untuk penerima bpjs yang tidak memiliki atm atau rekening bank, mampu melalui teler bank yang sudah berafiliasi dengan BPJS, yaitu bank BNI, BRI dan mandiri. silahkan datang ke bank tersebut kemudian ambil antrian, 

Persyaratannya cukup mudah, cukup membawa nomor virtual akun dan menyiapkan uang pembayaran pastinya, jikalau nomor virtual account lupa atau hilang anda mampu menggunakan nomor kartu BPJS anda.

Itulah wacana bagaimana cara membayar iuran bpjs kesehatan jikalau anda tidak memiliki atm atau rekening bank terutama untuk penerima bpjs mampu bangun diatas kaki sendiri kelas 3, jangan lupa minta nota bukti pembayaran untuk disimpan sebagai bukti barangkali diharapkan di kemudian hari. supaya bermanfaat.

Artikel Terkait

#4 Cara Membayar Iuran BPJS Jika tidak Memiliki ATM atau rekening bank
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email