Kamis, 13 Agustus 2015

Berapa Lama Proses Mutasi (perubahan data) BPJS Kesehatan?

Ada banyak hal yang menjadikan akseptor BPJS melaksanakan perubahan data kepesertaan, mampu karena faktor kesalahan data maupun karena akseptor ingin melaksanakan perubahan data karana kondisi-kondisi tertentu, namun yang perlu diperhatikan ialah perubahan data kepesertaan tidak mampu dilakukan sembarangan namun memiliki ketentuan dan persyaratan tersendiri, dan juga apapun perubahan data kepesertaan yang ingin dilakukan tidak mampu diproses secara online namun harus datang eksklusif ke kantor BPJS kesehatan.
Berapa lama proses mutasi BPJS Kesehatan?

Ada beberapa akseptor BPJS yang bertanya berapakah lamanya proses perubahan data kepesertaan BPJS?, perlu anda ketahui bahwa proses perubahan data kepesertaan tidak mampu diprediksi secara eksklusif berapa lama prosesnya, mungkin ada yang simpulan pada hari itu juga atau mungkin ada yang simpulan beberapa hari, sangat tergantung sekali dengan kebijakan kantor BPJS yang dikunjungi dan juga sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya, menyerupai kelengkapan berkas persyaratan, antrian dan faktor lainnya.

Jenis-Jenis Perubahan data kepesertaan dan waktu yang diharapkan untuk memprosesnya

Berikut ialah beberapa perubahan data kepesertaan BPJS dan juga prediksi waktu yang diharapkan untuk prosesnya:

1. Kartu akseptor Rusak atau Data akseptor salah

Ada kasus yang menjadikan data akseptor salah dan perlu diperbaiki, atau kartu rusak sehingga data sulit untuk dibaca, misalnya, nama peserta, alamat akseptor dan data akseptor lainnya tidak mampu dibaca,
Untuk kasus ini maka perubahan data kepesertaan mampu eksklusif dilakukan di kantor BPJS setempat dengan membawa persyaratan:

  • Kartu akseptor yang rusak atau surat pernyataan hilang dari yang bersangkutan (bermaterai)
  • KTP peserta
  • KK yang masih berlaku


Waktu yang dibutuhkan:
Peserta akan menerima pergantian kartu dan seharusnya mampu eksklusif diproses pada hari itu juga

2. Mutasi atau peralihan jenis kepesertaan

Karena disebabkan beberapa hal, akseptor mampu saja melaksanakan perpindahan jenis kepesertaan atau mutasi, peraturan bpjs sendiri memperbolehkan akseptor melaksanakan mutasi kepesertaa, menyerupai misalnya:


Proses mutasi Biasanya tidak mampu dilakukan sembarangan ada ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi, dan ini juga dapat menyebebkan proses mutasi tidak mampu eksklusif jadi pada waktu itu dan mampu saja memerlukan waktu berhari-hari bahkan mampu saja berbulan-bulan, namun idealnya kalau persyaratan dan ketentuan sudah lengkap proses mutasi mampu diproses cukup 1 hari.

Misal kalau mutasi dari PBI menjadi akseptor Mandiri atau Perusahaan, maka ini tidak mampu diproses secara eksklusif namun harus menunggu, beberapa hari karena harus dilakukan pencabutan dari kepesertaan PBI dari dinas sosial yang biasanya dilakukan setiap 6 bulan sekali. jadi si akseptor mau tidak mau harus menunggu setiap 6 bulan sekali.

Misalnya lagi mutasi dari perusahaan ke mandiri, ini juga kalau ketentuannya belum memenuhi maka proses mampu memakan waktu beberapa hari, mutasi dari bpjs perusahaan ke mampu bangkit diatas kaki sendiri harus menonaktifkan bpjs perusahaan, dan syarat utamanya perusahaan tidak memiliki tanggungan.

3. Perubahan akomodasi kesehatan tingkat 1

Fakses tingkat 1 ialah akomodasi kesehatan yang harus dikunjungi oleh perserta pertama kali dikala ingin berobat dengan BPJS. Perubahan akomodasi kesehatan tingkat 1 atau faskes tingkat 1 gres mampu dilakukan kalau masa kepesertaan sudah menginjak 3 bulan atau lebih dari perubahan sebelumnya. untuk melaksanakan perubahan faskes dapat eksklusif ke kantor BPJS dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan, untuk tumpuan silahkan baca, Cara pindah faskes tingkat 1 (syarat dan prosedur)

Waktu yang dibutuhkan:
Waktu yang diharapkan untuk melaksanakan perubahan faskes tingkat 1, mampu simpulan pada hari itu juga kalau persyaratan dan ketentuan sudah memenuhi.


4. Pengurangan dan Penambahan anggota keluarga BPJS

Perubahan data kepesertaan berikutnya ialah pengurangan dan penambahan anggota keluarga bpjs, pengurangan mampu saja terjadi, salah satunya kalau ada akseptor bpjs yang meninggal dunia, untuk kasus ini harus segera dilaporkan semoga tagihan bpjs untuk akseptor mampu dihentikan, dan penambahan mampu terjadi kalau ada anggota keluarga gres pada KK menyerupai adanya kelahiran atau adanya penambahan keluarga pada KK.

Syarat untuk mengurus kepesertaan BPJS karena akseptor meninggal dunia mampu anda baca di artikel sebelumnya wacana Prosedur penonaktifan akseptor BPJS meninggal dunia., proses mampu eksklusif simpulan pada waktu itu juga kalau syarat dan prosedur sudah memenuhi.

Penambahan keluarga menjadi akseptor BPJS mampu dilakukan bahkan untuk bayi yang masih dalam kandungan khusus untuk akseptor BPJS mandiri, atau dikala bayi sudah dilahirkan untuk akseptor BPJS Perusahaan atau akseptor PBI, 

Waktu yang dibutuhkan:
Prosesnya mampu eksklusif di hari itu, dan untuk penambahan keluarga bayi kartu akan eksklusif aktif dan biaya mampu ditanggung bpjs dikala iuran pertama sudah di bayarkan, baca waktu pembayaran iuran pertama bpjs untuk bayi, sedangkan untuk penambahan anggota keluarga lainnya prosesnya sama dengan pendaftaran bpjs untuk akseptor bpjs mandiri.


Itulah beberapa perubahan data kepesertaan dan waktu yang diharapkan hingga proses selesai. demikian tentang lama proses mutasi BPJS Kesehatan?, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Berapa Lama Proses Mutasi (perubahan data) BPJS Kesehatan?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email