Senin, 03 Agustus 2015

Cek Tagihan BPJS secara Online untuk Individu atau perorangan

Cek Tagihan BPJS secara Online untuk Individu atau perorangan - Kewajiban akseptor BPJS Kesehatan terutama untuk akseptor BPJS berdikari atau individu dan juga akseptor BPJS Peserta Penerima Upah (PPU) perusahaan atau tubuh usaha ialah melaksanakan pembayaran iuran bulanan yang besar kecilnya diubahsuaikan dengan kelas BPJS yang diambil, iuran bulanan harus dibayarkan paling lambat setiap tanggal 10 bulan yang bersangkutan, ketika ini terlambat membayar iuran memang tidak akan terkena denda, namun kalau iuran tidak dibayarkan minimal terlambat 1 bulan saja maka kartu akan pribadi dinonaktifkan dan akan muncul tunggakan iuran yang harus dilunasi.

Jika tunggakan tidak dibayar maka tagihan iuran akan terus membesar serta tagihan iuran tidak mampu diputihkan atau dihapus, selama iuran tidak dibayarkan maka kartu akan nonaktif dan tidak mampu digunakan untuk menerima pelayanan kesehatan dari BPJS, kartu akan diaktifkan kembali dan mampu digunakan kembali kalau tunggakan dilunasi seluruhnya.

cek tagihan bpjs onlin

Ada banyak kasus yang terjadi mengenai permasalahan iuran bpjs ini, ada yang rutin membayar iuran bulanan, namun tanpa disangka-sangka ternyata muncul tunggakan, ada juga yang memang sengaja iuran tidak dibayarkan namun ingin mengaktifkan kembali kartu bpjs yang sebelumnya diblokit.

Ada kalanya akseptor bpjs individu atau perorangan yang sudah lama tidak membayar iuran bpjs ingin mengecek berapa tagihan tunggakan yang dimilikinya, bahkan ada juga yang ingin mengecek pembayaran iuran bpjs yang sudah dibayarny, apakah sudah diterima atau belum. Ada kabar baik bahwa untuk mengecek tagihan tunggakan dan juga untuk mengetahui status pembayaran bpjs ketika ini mampu diketahui dengan mudah dan cepat, baik secara online maupun melalui sms gateway.

Disini saya akan share bagaimana cara cek tagihan bpjs dan cek status pembayaran bpjs secara mudah dan cepat secara online.

Cara Cek Tagihan BPJS secara Online untuk Individu /Perorangan/mandiri

Untuk mengecek tagihan bpjs dan status pembayaran bpjs secara online caranya sangat mudah dan cepat, langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

1. Buka situs cek pembayaran tagihan bpjs yang disediakan oleh situs resmi bpjs-kesehatan.go.id, akan tampil ibarat gambar di bawah ini:

cek tagihan dan status pembayaran iuran bpjs
2. Anda akan diminta untuk memasukan data sebagai berikut:

  • No Kartu BPJS, isi dengan nomor kartu bpjs anda.
  • Tanggal Lahir, masukan tanggal lahir sesuai dengan yang tertera di kartu BPJS.
  • Angka Validasi, isikan angka yang nampak pada gambar di atasnya
Jika data sudah diisi maka silahkan tekan tombol Cek, sistem akan melaksanakan proses pengecekan tagihan, silahkan tunggu hingga selesai.

Anda akan melihat gosip data akseptor BPJS yang bersangkutan meliputi:
  • Nama Peserta
  • Nomor Peserta
  • Status Kepesertaan
  • Jenis peserta
  • Jumlah anggota keluarga
  • Informasi mengenai tagihan, denda, total tagihan dan juga gosip tanggal pembayaran terakhir. ibarat terlihat pada gambar di bawah ini:
informasi status kepesertaan dan tagihan bpjs


Oh ya.....
Cara di atas selain untuk mengecek tagihan sekaligus mampu juga anda gunakan untuk mengecek, status pembayaran dan juga cek status kepesertaan apakah masih aktif atau belum.

Jika akseptor memiliki tunggakan maka status kepesertaan akan nonaktif, dan kalau tidak memiliki tunggakan status kepesertaan akan dalam keadaan aktif.

Lantas Bagaimana cara Mengecek Tagihan BPJS Untuk Perusahaan atau Badan Usaha?

Cara di atas khusus untuk mengecek tagihan dan juga status kepesertaan bpjs secara online untuk akseptor BPJS mandiri, individu atau perorangan, dan tidak mampu digunakan untuk mengecek total tagihan iuran bpjs untuk tubuh usaha atau ppu.

Untuk mengecek tagihan iuran yang harus dibayar oleh perusahaan mampu dilakukan melalui ATM bank, sama halnya ketika melaksanakan pembayaran, gosip tagihan akan muncul, kalau perusahaan menunggak.


Itulah mengenai cara mudah cek Cek Tagihan BPJS secara Online untuk Individu atau perorangan, biar bermanfaat.

Artikel Terkait

Cek Tagihan BPJS secara Online untuk Individu atau perorangan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email