Selasa, 07 Juli 2015

Persalinan mampu dengan BPJS walaupun Kartu Keluarga (KK) masih ikut orang tua.

Untuk ibu hamil penerima bpjs kesehatan, ada kabar baik alasannya yakni anda mampu menggunakan layanan bpjs yang berkaitan dengan kebidanan dan juga neonatal, bpjs mampu menanggung biaya masa kehamilan hingga melahirkan, dari mulai pemeriksaan kehamilan proses melahirkan hingga pasca melahirkan.

Perlu diketahui bahwa untuk proses melahirkan layanan bpjs tetap masih menggunakan sistem berjenjang, pemeriksaan tetap harus mulai dari faskes tingkat 1 kecuali kondisi ibu dalam kaadaan gawat darurat mampu pribadi ke UGD rumah skit. sesuai dengan peraturan BPJS, bahwa proses melahirkan normal bahwasanya akan diprioritaskan untuk dilayani di faskes tingkat 1 bpjs, namun jikalau di faskes tingkat 1 sarana dan prasarana tidak memadai, maka penerima akan di rujuk ke bidan jejearing yang sudah bekerjasama, jikalau masih tidak ada, maka jalan terakhir yakni penerima akan dirujuk ke rumah sakit.

Persalinan/melahirkan dengan bpjs menggunakan kk yang masih ikut orang tua

Khusus untuk anggota bpjs yang ingin menjalani proses persalinan di rumah sakit dengan bpjs, baik untuk menjalani persalinan normal, mapun persalinan dengan penyulit, maka ada syarat-syarat yang harus disiapkan, beberapa diantanya adalah:
  • Kartu Keluara (KK) (biasanya akan diminta khusus untuk penerima Jamkesmas/jamkesda/pemengang kartu KIS yang dibiayai pemerintah atau penerima BPJS PBI yang mengambil kelas III, untuk penerima kelas I dan kelas II bpjs, di beberapa rumah sakit tidak disertakan dalam berkas persyaratanpun tidak menjadi masalah, namun untuk antisifasi lebih baik dibawa.
  • Surat Rujukan dari faskes tingkat 1
  • Asli dan fotocopy KTP
  • Asli dan Fotocopu Kartu BPJS 

Berkas tersebut harus dibawa ketika melaksanakan proses registrasi bpjs di rumah sakit.

Apakah proses Melahirkan mampu menggunakan BPJS walaupun KK masih ikut orang tua?

Ada pertanyaan yang kerap dilontarkan oleh beberapa penerima bpjs yang ingin menjalani proses lahiran dengan bpjs, pertanyaan ini terkait berkas persyaratan Kartu keluara (KK), Jika kartu keluarga (KK) masih ikut orang renta apakah, masih mampu menggunakan bpjs untuk proses persalinan?

Kita ketahui bersama bahwa meskipun si penerima sudah menikah, dengan alasan tertentu ada beberapa penerima yang belum memiliki kartu keluarga (KK) terpisah, padahal seharusnya jikalau sudah menikah dan berkeluarga apalagi sudah memiliki anak, seharusnya sudah memiliki kartu keluarga yang baru.

Lantas apakah penerima masih mampu menjalani persalinan dengan bpjs menggunakan berkas perysaratan KK yang masih ikut orang tua?

Menurut pernyataan dari pihak bpjs yang dikutif ari situs resmi pemerintah lapor.go.id, bahwa penerima masih mampu menggunakan layanan bpjs untuk proses melahikran  walaupun kartu keluarga (KK) penerima tersebut masih ikut orang tuanya.



Sesuai dengan gambar di atas, Pihak bpjs mengatakan:

Permintaan syarat manajemen KK dan KTP di RS hanya untuk mencocokkan kevalidan data antara Kartu KIS dengan Identitas peserta. Ibu dapat membawa KK suami dan istri untuk verifikasi data walaupun masih beda KK.

Sesuai dengan pernyataan di atas, jikalau anda ingin mengunakan bpjs untuk proses persalinan di rumah sakit, namun kk masih ikut orang tua, ketika melaksanakan registrasi sebaiknya anda membawa kk orang renta anda dan juga kk suami sebagai salah satu berkas persyaratan pendaftaran.


Pada ketika melahirkan nanti apakah Biaya Persalinan ditanggung full oleh BPJS termasuk perawatan anak? 

Untuk proses Persalinan dengan menggunakan bpjs, maka biaya yang muncul atas perawatan ibu akan ditanggung seluruhnya oleh bpjs, sementara untuk anak, jikalau kondisi anak secara medis dalam keadaan normal, maka biaya perawatan anak akan ikut satu paket dengan ibunya.

Kecuali jikalau si anak secara medis harus menjalani perawatan khusus, maka biaya harus ditanggung sendiri, oleh alasannya yakni itu untuk mengantisifasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi pada si bayi, bpjs menunjukkan sebuah peluang untuk orang renta penerima berdikari semoga sebisa mungkin mendaftarkan bayi ke bpjs ketika masih di dalam kandungan, atau untuk penerima bpjs selain penerima berdikari untuk mendaftarkan bayi ketika gres dilahirkan dengan masa tenggang selama 3x24 jam.

Sehingga, biaya atas bayi alasannya yakni adanya gangguan medis yang tidak diharapkan, semuanya mampu ditanggung oleh BPJS kesehatan.

Demikian perihal persalinan menggunakan bpjs dengan KK masih ikut orang tua, semoga gosip di atas membantu.

Artikel Terkait

Persalinan mampu dengan BPJS walaupun Kartu Keluarga (KK) masih ikut orang tua.
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email